Saturday, 28 January 2023

Berita

Berita Utama

Berikan Pelayanan Prima Kepada PMI, BP2MI Aceh Gandeng Pemkot Lhokseumawe Jajaki MoU Kesepakatan

-

00.11 25 November 2022 151

Berikan Pelayanan Prima Kepada PMI, BP2MI Aceh Gandeng Pemkot Lhokseumawe Jajaki MoU Kesepakatan

Lhokseumawe, BP2MI (22/11) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Aceh melakukan kunjungan ke Dinas PMPTSPNaker Kota Lhokseumawe guna penjajakan MoU kesepakatan antara BP2MI dengan Pemkot Lhokseumawe, pada Selasa (22/11/2022).

Kepala BP3MI Aceh, Jaka Prasetiyono, dan tim disambut langsung oleh Kepala Dinas DPMPTSPNaker, Amiruddin, dan Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Anhar. Pada kesempatan tersebut, disampaikan oleh Anhar maksud dan tujuan akan diadakannya Memorandum Of Understanding (MoU) antara BP3MI Aceh dan Dinas PMPTSPNaker.

“Peran penting pemerintah daerah sangat diharapkan untuk meningkatkan kesejahteraan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan keluarganya, hal tersebut sebagai amanah undang-undang. Tujuan MoU antara lain bisa memperkuat kerjasama kita, dan bisa menjadi payung hukum yang kuat bagi Dinas dalam hal penganggaran untuk program peningkatan kesejahteraan PMI dan keluarganya. Apalagi nanti bisa dikeluarkan nya lagi Perwal, sehingga aturannya lebih kuat,” ujarnya.

Kepala Dinas DPMPTSPNaker, Amiruddin, menyampaikan akan menerima dan segera merealisasikan rencana MoU antara BP3MI Aceh dengan Pemerintah Daerah setempat.

“Program ini sangat baik dan harus segera kita realisasikan. Nanti akan saya coba untuk bahas hal ini dengan Sekda dan PJ. Walikota. Hal ini penting untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam bekerja ke luar negeri. Serta dapat membantu mensejahterakan PMI dan keluarganya,” tutur Amiruddin.

Wilayah Kota Lhokseumawe merupakan wilayah yang sering digunakan sebagai tempat lintas PMI Nonprosedural ke luar negeri, terutama ke wilayah negara Malaysia karena posisinya yang dekat dengan Malaysia. Sehingga dengan rencana pelaksanaan MoU ini dapat membuat payung hukum yang kuat untuk setiap penindakan dan pemberian edukasi berupa sosialisasi yang lebih intens kepada masyarakat Kota Lhokseumawe. **(Humas/BP3MIAceh/DD)