Saturday, 28 January 2023

Berita

Berita Utama

BP3MI Sumsel dan Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi di Kayu Agung

-

00.11 29 November 2022 146

BP3MI Sumsel dan Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi di Kayu Agung

OKI, BP2MI (29/11) - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Selatan (Sumsel) bekerja sama dengan anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Sri Meliyana menyelenggarakan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Pelindungan Menyeluruh kepada PMI Sebagai VVIP, Senin (28/11/2022).

Pada agenda yang digelar di Kedaton, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tersebut, diikuti oleh para peserta yang merupakan masyarakat setempat. Sri Meliyana berharap agar warga OKI yang ingin bekerja ke luar negeri, dapat berangkat secara prosedural.

“Saya mengharapkan seluruh warga OKI yang akan bekerja ke luar negeri, dapat melalui jalur dan prosedur yang legal, serta mencari informasi resmi melalui Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) atau Kantor BP3MI, sehingga informasi yang diterima jelas dan resmi,“ tuturnya.

Sementara itu, Direktur Sistem dan Strategi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika, Lismia Elita, menjelaskan kebijakan baru penempatan Pekerja Migran Indonesia yang kian terbuka lebar.

“Penempatan Pekerja Migran Indonesia saat ini terbuka lebar dengan beberapa negara di antaranya Korea, Singapura, Jepang, Al-Jaz dan Maldives. Oleh karena itu, kompetensi sangat diperlukan bagi Pekerja Migran Indonesia yang akan bekerja keluar negeri,” jelas Lismia.

Di kesempatan yang sama, Kepala BP3MI Sumsel, Sri Haryanti, menjelaskan tujuan dari penyebarluasan informasi yang tengah dilakukan oleh BP2MI.

“Penyebarluasan informasi diharapkan dapat masuk dan menginternalisasi dalam pikiran dan pengetahuan masyarakat setempat, sehingga saat mendengar atau berpikir tentang berangkat kerja ke luar negeri, hal yang langsung terlintas adalah BP2MI,” ujar Sri Haryanti.

Ia memaparkan, bahwa BP2MI dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten OKI terus berkomitmen untuk memprioritaskan PMI sebagai warga negara VVIP, karena turut memberikan sumbagan devisa bagi negara. Ini sesuai dengan slogan BP2MI, yaitu “Lindungi PMI dari Ujung Rambut Sampai Ujung Kaki”.

“Seluruh jajaran Pemkab OKI, Komisi IX DPR RI, dan BP2MI terus berupaya menjalankan tugas dan fungsi kami seoptimal mungkin, untuk memberikan pelayanan yang prima dan optimal bagi Pekerja Migran Indonesia,” pungkas Sri.

Tak lupa, BP3MI Sumsel juga memperkenalkan layanan SONGKET PMI, yang merupakan sarana informasi, komunikasi dan pengaduan langsung kepada BP3MI Sumsel, yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun. ** (Humas/BP3MI Sumsel)