Friday, 22 October 2021

Berita

Berita Utama

Dukung Program G to G BP2MI, Inkes Deli Husada Adakan Webinar dengan UPT BP2MI Medan

-

00.07 16 July 2021 538

Dukung Program G to G BP2MI, Inkes Deli Husada Adakan Webinar dengan UPT BP2MI Medan

Deli Serdang, BP2MI (16/7) - UPT BP2MI Medan kembali mengadakan webinar di Institut Kesehatan (Inkes) Deli Husada, Deli Serdang, Rabu (14/7/2021). Acara dimulai secara resmi oleh Dekan Fakultas Keperawatan Inkes Deli Husada, Megawati Sinambela. 

Dalam sambutannya, Megawati mengucapkan terima kasih kepada BP2MI yang sangat mendukung penempatan lulusan Inkes Deli Husada di luar negeri, khususnya ke Jepang. Sejak tahun 2008 selama 13 tahun, Inkes Deli Husada mengikuti seleksi penempatan G to G Jepang dan berhasil menempatkan sekitar 300 alumni.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh UPT BP2MI Medan dan mengharapkan acara ini bisa dimaknai dengan baik oleh mahasiswa dan semoga ke depan semakin banyak alumni yang mampu bersaing di kancah internasional," ungkap Megawati. 

Sementara itu Kepala UPT BP2MI Medan, Syahrum, dalam sambutannya mengharapkan agar Inkes Deli Husada lebih bersemangat mengarahkan alumni untuk bisa memanfaatkan peluang bekerja ke luar negeri, khususnya ke Jepang.

"Kami juga mengucapkan terima kasih untuk kesediaan Inkes Deli Husada memfasilitasi kegiatan UPT BP2MI Medan ini," jelas Syahrum. 

Ditambahkan kembali oleh Megawati bahwa hampir 50% alumni tertarik ikut program G to G. Namun kendala yang dihadapi adalah kurangnya dukungan keluarga kepada alumni, terkhusus orangtua yang tidak memberikan izin kepada alumni untuk berangkat ke luar negeri. Ke depannya Inkes Deli Husada akan meningkatkan sosialisasi kepada orang tua agar kuota penempatan G to G bisa dipenuhi lebih banyak dari alumni Deli Husada.

Tampil sebagai narasumber, Kepala Pusat Layanan Karir Inkes Deli Husada, Herawati Br. Bukit. Ia menyatakan tips yang diterapkan berupa mengajarkan bukan hanya Ilmu Keperawatan namun menekankan tata krama yang baik, karena Jepang sangat menjunjung nilai budi pekerti di masyarakatnya.

"Dalam literasi keuangan juga Deli Husada menekankan pola hidup sederhana. Para alumni diharapkan bisa menabung agar kelak saat kembali ke Indonesia membawa hasil yang bisa dipergunakan dengan baik. Para alumni yang berencana bekerja ke luar negeri harus pintar mengelola keuangan mereka," jelas Herawati. 

Diungkapkan bahwa alumni Inkes Deli Husada hampir 100% lulus tahap seleksi G to G karena upaya serius dari pihak akedemik dimulai dari tahap pemberkasan awal sampai tahap akhir. Selama 13 tahun ini, Deli Husada membangun image sebagai Inkes yang banyak menempatkan lulusan ke luar negeri, khususnya ke Jepang dalam program G to G.

Narasumber lainnya perwakilan dari UPT BP2MI Medan, Rudolf H Simanjuntak. Rudolf mengharapkan agar Inkes Deli Husada lebih meningkatkan kualitas agar lulusannya lebih banyak diterima di program G to G. Dijelaskan bahwa salah satu keunggulan Indonesia adalah dari segi etos kerja dan keramahan.

Acara diakhiri dengan sharing alumni yang saat ini bekerja di Jepang, Elvy Ansyahri Purba. Ia sudah lima tahun bekerja di Jepang. Elvy menyatakan bahwa bekerja di luar negeri harus punya tekad yang kuat dan punya kegigihan untuk mendapatkanya.

"Bekerja ke Jepang dengan mengikuti Program G to G merupakan pilihan yang tepat, karena selain kita mendapatkan penghasilan yang baik, keamanan kita di negara penempatan juga sudah dijamin oleh Pemerintah," ungkap Elvy. ** (Humas/UPT BP2MI Medan/Nanda)