Tuesday, 28 September 2021

Berita

Berita Utama

Sinergi Bersama Dinas Sosial Prov. Riau, UPT BP2MI Pekanbaru Fasilitasi Kepulangan Pekerja Migran ke Daerah Asal

-

00.06 30 June 2021 287

Sinergi Bersama Dinas Sosial Prov. Riau, UPT BP2MI Pekanbaru Fasilitasi Kepulangan Pekerja Migran ke Daerah Asal

Pekanbaru, BP2MI (30/6) - UPT BP2MI Pekanbaru fasilitasi kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terkendala dari Malaysia ke daerah asal di Ds. Bakti Makmur Bagan Sinembah, Rabu (30/6/2021). PMI Napisah bersama putrinya yang masih berumur tujuh bulan tiba di Bandara Sutan Syarif Kasim II Pekanbaru, Rabu (30/6/2021) pukul 10.55 WIB, yang sebelumnya menjalani karantina selama lima hari di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Pusat.

PMI yang berangkat ke Malaysia secara nonprosedural ini bekerja sebagai pramusaji di Malaysia selama dua tahun dengan gaji 1.000 Ringgit per bulan dan ditahan di Depo Imigrasi di Perak l, Malaysia selama kurang lebih dua belas bulan karena tidak memiliki dokumen yang lengkap. Napisah mengaku lega dan bersyukur setelah tiba di Indonesia dan akan segera bertemu keluarga di daerah asal.

“Lega dan bersyukur bisa kembali ke rumah. Orangtua saya dari tadi sudah menghubungi dan tidak sabar untuk bertemu. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah yang telah memfasilitasi kepulangan saya dan anak saya,” ucap Napisah.

Sementara itu Kepala UPT BP2MI Pekanbaru, Mangampin Simamora, menyampaikan bahwa UPT BP2MI Pekanbaru siap memfasilitasi kepulangan PMI terkendala sampai ke daerah asal, baik yang berangkat secara prosedural maupun nonprosedural. Mangampin juga menambahkan bahwa sinergi antara UPT BP2MI Pekanbaru dan Dinas Sosial Prov. Riau telah berjalan dengan baik selama ini.

“Selamat datang kepada bapak Kepala Dinas Sosial Prov. Riau yang turut hadir membantu proses pemulangan salah satu PMI kita asal Malaysia yang akan kita pulangkan hari ini sampai ke Bagan Sinembah. Dan diharapkan kerja sama kita dapat terus berjalan ke depannya sesuai fungsi dan tugas kita masing-masing. Kita bersama-sama, baik pemerintah daerah dan pusat bersinergi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan juga kita tidak membeda-bedakan apakah PMI terkendala tersebut berangkat secara prosedural atau tidak, semuanya tetap akan diberikan pelayanan VVIP," ungkap Mangampin.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau, Tengku Zul Efendi, yang juga turut hadir mendampingi proses pemulangan PMI tersebut mengungkapkan bahwa sinergi dan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah harapannya dapat terus berlanjut ke depannya, terutama dalam menangani pemulangan PMI ke daerah asal. 

Tengku Zul juga menambahkan bahwa masyarakat harus terus diberikan edukasi bekerja ke luar negeri secara prosedural.

“Dengan adanya kasus seperti ini kita berharap sinergi dan koordinasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam hal ini BP2MI dapat terus ditingkatkan. Harapan kita kepada masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri untuk berangkat secara prosedural dengan menaati regulasi negara tujuan penempatan agar tidak terlalu sulit untuk ditangani jika ada permasalahan atau memerlukan bantuan. Dan pemberian edukasi terkait bekerja secara prosedural ini adalah merupakan tanggungjawab kita sebagai pemerintah,” ungkap Tengku Zul. ** (Humas/UPT BP2MI Pekanbaru/ ANNA)