Saturday, 20 April 2024

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta Terima Penyerahan  Piagam Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik

-

00.06 2 June 2022 790

UPT BP2MI DKI Jakarta bersama BP2MI Terima Penyerahan  Piagam Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik.

Jakarta, BP2MI, (02/06) - UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) hadir dalam penyerahan Piagam Penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI, di Aula Lantai I Gedung Ombudsman RI, Jalan H.R.Rasuna Said Kav.C-19 Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (02/06).

UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta merupakan lokus sampel penilaian dari kegiatan tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi BP2MI, dan Subkoordinator Kelembagaan dan Pemasyarakatan Program UPT BP2MI DKI Jakarta yang mewakili Kepala UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta, serta para undangan dari Kementerian. Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Daerah. 

Ombudsman menyerahkan piagam penghargaan ini guna peningkatan kualitas pelayanan publik, serta mendorong setiap penyelenggara negara untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik (good govenrnance). Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dilaksanakan sejak tahun 2013 sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik dan sempat vakum pada 2020 ketika pandemi Covid-19 meluas. 

Di tahun 2021 proses penilaian kembali dilaksanakan. Pada tahun 2021 penilaian kepatuhan dilaksanakan terhadap 587 instansi dengan rincian sebanyak 24 Kementerian,15 Lembaga, 34 Pemerintah Provinsi, 416 Pemerintah Kabupaten dan 98 Pemerintah Kota. 

Wakil Ketua Ombudsman RI, Bobby Hamzar Rafinus, menjelaskan tujuan dan ruang lingkup dari penilaian. “Penilaian dilakukan dengan tujuan untuk perbaikan dan penyempurnaan kebijakan pelayanan publik dalam rangka pencegahan maladministrasi. Penilaian kepatuhan dilaksanakan berasaskan integritas, kepatuhan, keadilan, non-diskriminasi, tidak memihak, akuntabilitas, keseimbangan, keterbukaan, dan kerahasiaan," jelasnya.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi BP2MI, Sri Andayani, memberikan selamat dan harapannya bagi seluruh Unit Pelaksana Teknis BP2MI. “Selamat dan sukses untuk UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta yang telah mewakili yang telah mewakili BP2MI menerima penghargaan Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik Tahun 2021. Semoga penghargaan yang diperoleh menjadi motivasi Pelayanan Prima di semua Unit Kerja di Lingkungan BP2MI,” ungkapnya, 

Sementara itu, Kepala UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta, Kombes Polisi Hotma Victor Sihombing, menjelaskan bahwa UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta penghargaan ini dapat memberikan motivasi untuk memberikan pelayanan prima. 

“Kami bersyukur atas penghargaan ini, terutama bagi UPT BP2MI Wilayah DKI Jakarta yang menjadi lokasi sampel penilaian. Semoga penghargaan ini dapat memotivasi kami untuk dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada pahlawan devisa, Pekerja Migran Indonesia”, jelasnya. ** (Humas/mediauptbp2mijakarta)