Saturday, 4 December 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Yogyakarta Fasilitasi Pemulangan PMI Tuminah Ke Cilacap

-

00.10 1 October 2021 344

UPT BP2MI Yogyakarta Fasilitasi Pemulangan PMI Tuminah Ke Cilacap

Yogyakarta, BP2MI (1/10) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Yogyakarta kembali memfasilitasi pemulangan satu orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Terkendala atas nama Tuminah (48) ke daerah asalnya di Desa Kamulyan, Kamulyan, Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. PMI tersebut tiba di Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA), Kamis (30/9) pukul 11.45 WIB, dan disambut langsung oleh petugas UPT BP2MI Yogyakarta Rieke Vera Santi dan Yoga Pratama.

Berdasarkan informasi dari KBRI Hong Kong, diketahui Tuminah telah bekerja kurang lebih selama dua tahun di Hong Kong sebagai Penata Laksana Rumah Tangga. Tuminah sebelumnya mengalami sakit stroke otak pada 4 Mei 2021 dan telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Ruttonje, Hong Kong. Selanjutnya karena kondisi mulai membaik Tuminah dipindahkan ke rumah rehabilitasi Cheshire Home, kemudian dipulangkan ke Indonesia dengan kondisi masih mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

Tim Pelindungan UPT BP2MI Yogyakarta yang mengawal langsung kepulangan Tuminah kedaerah asal, menyerahterimakan kepada pihak keluarga yang diwakili Jemikun yang merupakan kakak kandung Tuminah dan disaksikan oleh Ketua RT setempat.

Sementara itu, Diah Andarini, Kepala UPT Yogyakarta, menyampaikan apresiasi kepada UPT BP2MI Serang yang telah memfasilitasi pemulangan PMI Tuminah dari Jakarta sampai ke Yogyakarta, semoga sinergi antar UPT BP2MI tetap bisa berjalan lancar dalam upaya memberikan pelayanan pelindungan yang maksimal bagi PMI dan keluarganya ungkap Diah dalam pesan singkatnya. * (Humas/UPT BP2MI Yogyakarta/Nila)