Tuesday, 16 July 2024

Berita

Berita Utama

Bertemu PMI di Berlin, Benny: Jangan Pernah Lupa Merah Putih Indonesia

-

00.05 3 May 2024 1277

Bertemu PMI di Berlin, Benny: Jangan Pernah Lupa Merah Putih Indonesia.

Berlin, BP2MI (1/5) – Lakukan kunjungan kerja ke Berlin, Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani bertemu dengan tiga Pekerja Migran Indonesia yang bekerja di sektor tenaga kesehatan sebagai nurse. Mereka berangkat melalui skema Triple Win (Government to Government/G to G) dan telah berada di Jerman. 

Dalam pertemuan tersebut, Benny meminta para pahlawan devisa itu menyampaikan aspirasinya. Hasilnya, ada cukup banyak masukan dari para Pekerja Migran Indonesia yang hadir dalam pertemuan tersebut. ”Apa yang menjadi aspirasi mereka akan kami fasilitasi,” kata Benny di Backerei Cafe Schnell - Nurnberger Berlin, Rabu (1/5/2024). 

Benny mengungkapkan, saat ini para Pekerja Migran Indonesia ini belum ditempatkan untuk bekerja, karena harus mengambil sertifikasi bahasa level B2 agar setelah lulus, mereka bisa segera bekerja.

Selama proses sekolah bahasa ini, mereka tetap menerima gaji standar Jerman sebesar €2300 atau sekitar ± Rp 39 juta per bulan. Setelah mereka bekerja mereka akan mendapatkan gaji €3000 atau sekitar ± Rp 52 juta per bulan. Setelah 1 minggu tiba di Jerman, didampingi oleh pihak GIZ, mereka langsung mendapatkan asuransi kesehatan dan kartu transportasi lokal (bis, kereta api, MRT, dan LRT).

Disampaikan Benny, BP2MI mempunyai keinginan untuk dapat membangun Indonesia Migran Center, di mana menjadi pusat pelatihan untuk mempersiapkan mereka yang akan berangkat, dan semuanya serba gratis. Benny ingin, para Pekerja Migran Indonesia untuk bisa membantu Pemerintah, dengan membuat video-video pendek yang menceritakan kehidupan dan seputar pekerjaan di Jerman. 

"Disampaikan juga ke teman-teman di Indonesia, untuk bekerja keluar negeri berangkat secara resmi. Kalau berangkatnya resmi seperti kalian ini, akan mendapatkan berbagai fasilitas, gaji yang besar dan dilindungi," ujarnya 

Dalam kesempatan tersebut salah satu Pekerja Migran Indonesia, Bibit Nur Ikhsan asal Grobogan Jawa Tengah, menyampaikan masukan kepada para Calon Pekerja Migran Indonesia yang berminat ke Jerman melalui skema Triple Win ini, agar sebelum ikut program ini untuk fokus belajar bahasa karena ini hal yang paling penting.

Benny juga memberikan masukan agar jika sudah menerima gaji, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik.

"Saya juga mendoakan agar mereka selalu diberikan kesehatan, disayang oleh pimpinan tempat mereka bekerja dan menjaga kepercayaan yang telah diberikan kepada kalian. Yang terpenting, kalian tidak lupa untuk selalu berkomunikasi dengan orang tua di tanah air dan jangan pernah melupakan merah putih, Indonesia," pungkas Benny **(Humas)