Saturday, 15 June 2024

Berita

Berita Utama

Upayakan Peningkatan Layanan, BP3MI DKI Jakarta berpartisispasi dalam Coaching Clinic Kementerian PAN-RB

-

00.06 14 June 2024 34

Upayakan Peningkatan Layanan, BP3MI DKI Jakarta berpartisispasi dalam Coaching Clinic Kementerian PAN-RB

Jakarta, BP2MI (14/6) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) DKI Jakarta dan Biro Sumbe Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) BP2MI hadir dalam kegiatan Coaching Clinic Penilaian Mandiri Dan Submit (Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi (PKRI) tahun 2024 yang diadakan oleh Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik, Kementerian PAN-RB, pada Rabu (11/6/2024). Gelaran coaching clinic mengambil tempat di The Groove Suites Jakarta, Rasuna Epicentrum Kuningan, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini merupakan bentuk evaluasi menyeluruh terhadap pembinaan inovasi pelayanan publik yang dihasilkan dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang telah berjalan selama 10 tahun terakhir. Kementerian PAN-RB sendiri memutuskan untuk tidak mengadakan KIPP dan melaksanakan PKRI di tahun 2024 ini

Ditemui di tempat acara, Kepala BP3MI DKI Jakarta, Kombes Pol. Duhri Akbar Nur menyebutkan bahwa dirinya bersyukur unit yang ia pimpin dipilih untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

“Ada sekitar 631 instansi pemerintah dan 979 inovasi yang telah ditentukan sebagai lokus dan objek PKRI 2024 dan Alhamdulilah BP3MI DKI Jakarta merupakan salah satu unit kerja yang dipilih oleh kantor pusat BP2MI untuk ikut serta dalam Coaching Clinic ini,” tukas Akbar.

“Hari ini, Tim BP3MI DKI didampingi oleh Tim Biro SDM dan Organisasi BP2MI pusat menyampaikan terkait progress pengisian pemantauan inovasi  pelayanan publik serta konsultasi terkait kendala yang dihadapi” kata Akbar

Akbar menjelaskan bahwa BP3MI DKI Jakarta menyampaikan dua inovasi publik yang dimonitor oleh Kemenpan RB.

“Terdapat dua inovasi pelayanan publik dari BP3MI DKI Jakarta yang dimonitor oleh Kemenpan RB, yaitu Lebih Tertib, Lebih Cepat Dapat KTKLN, yang merupakan inovasi sejak tahun 2013 dan mendapat penghargaan Top 99 dari Kemenpan RB pada tahun 2014 silam kemudian di tahun 2021 mengalami pengembangan dan berubah menjadi Diseminasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Melalui Layanan Kolaboratif Penempatan Pada Mall Pelayanan Publik Jakarta. Lalu Terobosan Sosialisasi Penempatan Mandiri Taiwan (Tersemat) melalui penerapan Special Placement To Taiwan (SP2T) yang merupakan inovasi sejak tahun 2019 dan mendapat penghargaan Top 99 dari Kemenpan RB pada tahun 2020 yang lalu,” jelas Akbar.

Adapun beberapa hal yang menjadi perhatian dari Kemenpan RB untuk BP2MI dalam pengisian SINOVIK PKRI nantinya yaitu: pembuatan formulir dan surat pernyataan keberlanjutan inovasi, pembuatan surat pernyataan replikasi inovasi, dukungan anggaran, pelatihan SDM dan pengembangan inovasi yang telah dan akan dilakukan,serta kriteria penilaian PKRI yang paling besar bobot penilaianya adalah dampak inovasi dan penyebarluasan informasi inovasi. (Humas/BP3MI DKI Jakarta)