Saturday, 15 June 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI DKI Jakarta Semarakkan Job Fair di SMKN 15 Jakarta

-

00.06 7 June 2024 68

BP3MI DKI Jakarta Semarakkan Job Fair di SMKN 15 Jakarta

Jakarta, BP2MI (7/6) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) DKI Jakarta menyemarakkan kegiatan job fair yang diselenggarakan oleh SMKN 15 Jakarta. Kegiatan yang berlangsung di aula Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 15 Jakarta pada Jumat (7/6/2024) ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait peluang kerja ke luar negeri melalui Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (SISKOP2MI).

Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Kota Administrasi Jakarta Selatan, Fidiyah Rokhim, menjelaskan, kegiatan job fair ini menjadi sarana bagi pencari kerja, salah satunya lulusan SMK, untuk mendapatkan pekerjaan.

Kepala BP3MI DKI Jakarta, Kombes Pol. Duhri Akbar Nur, menyampaikan bahwa sosialisasi peluang kerja dan job fair menjadi salah satu upaya pemerintah dalam memberikan informasi dengan jelas dan diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pencari kerja. “BP3MI DKI Jakarta berupaya memberikan sosialisasi peluang kerja dan ikut serta dalam kegiatan bursa kerja bagi para pencari kerja, salah satunya lulusan SMK,” ujar Duhri.

Pada kegiatan ini, lanjut Duhri, tim dari BP3MI DKI Jakarta menjelaskan beberapa peluang kerja ke luar negeri, di antaranya program Government to Government (G to G) ke Jepang, Jerman, dan Korea Selatan. “Selain itu kami juga menginformasikan peluang kerja melalui program Special Placement Program to Taiwan (SP2T) dan peluang kerja ke Jepang melalui Specified Skill Worker (SSW),” imbuh Duhri.

Kepala SMKN 15 Jakarta, Ernayanti, mengungkapkan, SMKN 15 telah bekerja sama dengan beberapa mitra industri sehingga lulusan SMK siap untuk bergabung dalam dunia industri. “Apapun pilihan lulusan SMK, seperti langsung bekerja, berwirausaha, atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi diharapkan telah matang dan siap ketika lulus dari SMK,” ujar Ernayanti. * (Humas/BP3MI DKI Jakarta/PW/CLN)