Tuesday, 16 July 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Jabar Teken Perjanjian Kerja Sama Dengan Pemerintah Kabupaten Bogor

-

00.05 22 May 2024 512

BP3MI Jabar Teken Perjanjian Kerja Sama Dengan Pemerintah Kabupaten Bogor

Bogor, BP2MI (22/5) - Bertepatan dengan Kick Off Uji Coba Operasional Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bogor, Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Barat menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor (22/5/2024).

Program tersebut diresmikan oleh PJ Bupati Kabupaten Bogor, Asmawa Tosepu. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaran pemerintahan yang baik, memberikan pelayanan publik yang mudah, cepat, nyaman juga untuk meningkatkan iklim investasi dan daya saing global di Kabupaten Bogor. 

“Kehadiran Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Bogor adalah upaya Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaran pemerintahan yang baik, sehingga Pemkab Bogor mampu berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas dan pertumbuhan perekonomian nasional, perekonomian Jawa Barat dan perekonomian di Kabupaten Bogor”, ungkap Asmawa dalam acara yang dibarengi dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan instansi vertikal yang tergabung dalam Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Bogor tersebut. 

Di MPP ini, ia menambahkan, ada 70 jenis layanan yang terdiri dari 28 tenant dari berbagai Perangkat Daerah, instansi vertikal, dan BUMD. 

“Mari bersama-sama kita wujudkan reformasi birokrasi yang membawa perubahan secara struktural bukan hanya bisa dinikmati oleh ASN atau aparat penyelenggara, juga bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” tegasnya

Kepala DPMTPSP Kab. Bogor, Irwan, menegaskan bahwa MPP Bogor sudah melakukan ujicoba layanan pada tanggal 30 April s/d 17 Mei dan sudah tercatat ada 1300 pelayanan yang telah ditangani. “Saat ini MPP Kab. Bogor terus meningkatkan kualitas layanan publik yang cepat, mudah, dan efisien dengan terus membuat inovasi untuk mempercepat layanan publik yang dibutuhkan oleh Masyarakat khususnya Masyarakat Kab. Bogor”, tutur Irwan dalam sambutannya. 

Ia melanjutkan, terdapat beberapa layanan inovasi yang dikembangkang saat ini, yaitu SITULUS atau Sistem Pemantauan Pelaku Usaha, kemudian PINTER atau Peta Potensi Inventasi Terpadu, dan Website investasi.bogorkab.go.id sebagai sarana promosi investasi di Kabupaten Bogor.

“Selain Kick Off uji coba Mall Pelayanan Publik, pada kesempatan ini juga kami akan me-launching, Aplikasi Sistem Antrian MPP dan uji coba Balai Nikah, dimana ada dua pasangan calon suami – istri yang akan menikah hari ini dengan memamfaatkan fasilitas Balai Nikah di MPP Kab. Bogor ini”, jelasnya.

Pada kesempatan terpisah, Plh. Kepala BP3MI Jawa Barat, Tugiarto, berharap semoga BP3MI Jawa Barat dapat terus berinovasi dengan hadirnya layanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia di MPP Kabupaten Bogor tersebut. “Sehingga kita bisa lebih dekat dengan masyarakat khususnya warga Bogor, dan dapat terwujud salah satu program BP2MI yaitu memberikan pelayanan VVIP bagi CPMI, Pekerja Migran Indonesia, dan keluarganya”, pungkas Tugiarto.  **(Humas/BP3MI Jawa Barat/RS)