Saturday, 28 January 2023

Berita

Berita Utama

Dampingi Kunker Komisi IX DPR RI, BP2MI Dorong Pengembangan Kompetensi Bagi PMI

-

00.10 11 October 2022 497

Dampingi Kunker Komisi IX DPR RI, BP2MI Dorong Pengembangan Kompetensi Bagi PMI

Bengkulu, BP2MI (10/10) - Komisi IX DPR RI yang dipimpin oleh Ketua Tim Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Reses Masa Persidangan I Tahun Sidang 2022-2023 ke Provinsi Bengkulu, Senin, (10/10/2022).

Dalam sambutannya di Kantor Gubernur Provinsi Bengkulu, Emanuel menegaskan bahwa Komisi IX DPR RI terus mendorong agar pemerintah daerah mendukung program pemerintah, yaitu mengembangkan kompetensi dan keterampilan masyarakat dalam penyiapan tenaga profesional yang bekerja di sektor formal ke luar negeri.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan Humas, Hadi Wahyuningrum atau yang akrab dipanggil Yayuk mengungkapkan, bahwa hal tersebut selaras dengan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017, yaitu Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang diberangkatkan harus memiliki kompetensi dan keahlian.

"Peningkatan kompetensi dan keahlian kerja ini guna mencetak PMI yang terampil dan profesional sehingga dapat bekerja di sektor formal saat bekerja di luar negeri. Tidak hanya itu, kecakapan dalam berbahasa asing juga sangat dibutuhkan bagi calon pekerja yang ingin bekerja di luar negeri," ungkap Yayuk.

Peningkatan kompetensi dan keahlian ini, lanjut Yayuk, dapat didukung pula dengan pemanfaatan Balai Latihan Kerja (BLK) secara maksimal.

Dalam kunjungan kerja ini, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, juga meminta sekaligus mendorong, agar seluruh tenaga kerja yang ada di Provinsi Bengkulu baik yang akan bekerja di dalam maupun luar negeri, mendapatkan pelindungan berupa Jaminan Tenaga Kerja.

“Pelindungan tenaga kerja Bengkulu masih cukup rendah, sehingga perlu adanya sosialisasi terkait adanya jaminan tenaga kerja kepada seluruh masyarakat Bengkulu,” ujar Rohidin.

Setelah beraudiensi di Kantor Gubernur Provinsi Bengkulu, rombongan melanjutkan kunjungannya ke PT. Perkebunan Nusantara VII Kantor Penghubung Bengkulu dan melakukan peninjauan ke RSK Jiwa Soeprapto.

Turut hadir dalam rombongan Kunker Komisi IX DPR RI, mitra-mitra kerja yang membidangi ketenagakerjaan, kependudukan, dan kesehatan, yaitu perwakilan BP2MI, Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Kesehatan, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, BPOM, BKKBN, serta Pemerintah Daerah di Bengkulu.** (HUMAS/cie)