Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik, BP3MI Aceh Siaga Layani PMI Selama Libur Idulfitri
-

Komitmen Berikan Pelayanan Terbaik, BP3MI Aceh Siaga Layani PMI Selama Libur Idulfitri
Banda Aceh, BP2MI (26/4) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Aceh berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) kendati dalam periode libur Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.
Hal tersebut diutarakan oleh Kepala BP3MI Aceh, Siti Rolijah, pada Rabu (26/4/2023) di kantor BP3MI Aceh. “Pelayanan BP3MI Aceh harus tetap berjalan walaupun di saat libur Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah. Ini merupakan bentuk pelayanan terbaik bagi para pahlawan devisa yang telah berjasa bagi pembangunan negeri secara ekonomi,” ujar Siti.
Kesiapsiagaan selama periode liburan ini merupakan himbauan langsung dari Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang memprediksi adanya lonjakan kepulangan setelah tertunda pandemi Covid-19 pada dua tahun sebelumnya.
“Sesuai dengan apa yang telah diperkirakan, di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh terlihat banyaknya PMI yang cuti dan pulang kampung halamannya. Total pendataan PMI yang melapor sejumlah 111 PMI mandiri cuti dan satu orang PMI Terkendala,” jelas Siti.
Pelayanan lainnya yang diberikan oleh BP3MI Aceh yaitu pembuatan e-PMI ketika hari kedua Idulfitri, sehingga PMI yang sudah memesan tiket pesawat tidak menemui kendala saat pemeriksaan oleh Imigrasi di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh.
“Sekitar pukul 05.00 WIB, kami melayani pembuatan e-PMI karena ada tiga orang PMI yang sudah memiliki tiket penerbangan pukul 07.30 WIB dan 11.00 WIB ke Kuala Lumpur, Malaysia. Kami juga memfasilitasi mereka dengan kendaraan operasional BP3MI Aceh ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Ini adalah bentuk apresiasi kita kepada PMI,” tambah Siti. * (Humas/BP3MI Aceh/CLN)