Tuesday, 16 July 2024

Berita

Berita Utama

Pelatihan Sulaman Payet Oleh BP3MI Sumatera Barat Sebagai Bentuk Pemberdayaan PMI Purna dan Keluarganya

-

00.08 28 August 2023 716

Pelatihan Sulaman Payet Oleh BP3MI Sumatera Barat Sebagai Bentuk Pemberdayaan PMI Purna dan Keluarganya

BP2MI, Padang (25/8) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Barat mengadakan Kegiatan Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia Purna dan Keluarganya Angkatan II Tahun 2023. Kegiatan yang bertemakan Pelatihan Sulaman Payet diadakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 22 sampai dengan 25 Agustus 2023 di Gedung BP3MI Sumatera Barat, Kota Padang Sumatera Barat.

Kegiatan ini dibuka oleh Ferry Erviyan Rinaldy, selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang dan dihadiri oleh Kepala BP3MI Sumatera Barat, Bayu Aryadhi, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang Fauzan Ibnovi dan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang Ade Yonanda.

Kegiatan Pelatihan Sulaman Payet diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri PMI Purna dan Keluarganya. Selain belajar membuat dekorasi payet pada sebidang kain, kegiatan tersebut diawali dengan materi-materi penguatan diantaranya materi Informasi Pelatihan Bagi Tenaga Kerja dan Sinergitas Program oleh Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang, materi Kebijakan UKM Berbasis Potensi Daerah dan Pengembangan Kelompok Serta Sinergitas Program oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Padang serta materi Program Fasilitas Perizinan Usaha, Pemasaran dan Sinergitas Program dari Dinas Pariwisata Kota Padang.

BP3MI Sumatera Barat juga mengundang Bank Mandiri untuk mengisi kegiatan tepatnya dihari kedua terkait materi Mengelola Pinjaman yang disampaikan oleh Rini Anggraini selaku Micro Banking Manager Bank Mandiri.

Keduapuluh peserta dibagi ke dalam 5 (lima) kelompok sehingga tiap kelompok terdiri dari 4 (empat) orang. Doni Rahman selaku Fashion Designer mengajarkan dekorasi payet kepada para peserta dengan memberikan motif payet yang berbeda pada tiap kelompok. Selanjutnya masing-masing peserta menggambarkan motif payet pada sebidang kain kemudian dengan arahan Doni Rahman mereka memayet bebatuan/manik-manik kedalam kain tersebut.

Dihari keempat seluruh peserta sudah menyelesaikan hasil latihan payetannya dan mendapat penilaian dari Doni Rahman. Selanjutnya kegiatan Pemberdayaan ditutup langsung oleh Kepala BP3MI Sumatera Barat dengan mengucapkan rasa syukur telah selesainya acara dan menyampaikan apresiasi yang sangat besar atas antusias para peserta selama mengikuti pelatihan. **(Humas/BP3MISumateraBarat).