Tuesday, 16 July 2024

Berita

Berita Utama

Perluas Informasi Penempatan Dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia BP2MI Kembali gelar Sosialisasi di Sulawesi Utara

-

00.06 14 June 2024 378

Perluas Informasi Penempatan Dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia BP2MI Kembali gelar Sosialisasi di Sulawesi Utara

Manado, BP2MI (14/6) - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) kembali menggelar Sosialisasi Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia pada Senin (10/6/2024) bekerja sama dengan Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI – Polri (GM-FKPPI) Sulawesi Utara. Agenda Sosialisasi digelar di dua titik lokasi yakni di Kelurahan Kayawu Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon dan di Kota Manado, bertempat di Hotel Yuta Manado.

Ketua GM-FKPPI Sulawesi Utara Dr. Johanners Victor Mailangkay, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa informasi peluang dan tata cara bekerja keluar negeri secara aman dan prosedural sangat diperlukan oleh masyarakat.

Deputi Bidang Penempatan Dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah, Irjen Pol. I Ketut Suardana yang hadir mewakili Kepala BP2MI, Benny Rhamdhani mengungkapkan BP2MI terus berupaya menggalakkan dan memperkuat tata Kelola Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. Ia juga mengajak masyarakat untuk ikut berperan melaporkan ketika mengetahui praktik calo atau sindikat yang merekrut warga sekitar agar dapat ditindaklanjuti oleh BP2MI.

"Pemerintah dan masyarakat ini perlu bekerja sama dalam memberikan pelindungan kepada pekerja migran indonesia. BP2MI tidak bisa bekerja sendiri, tapi harus melibatkan berbagai pihak,"ungkapnya.

I Ketut Suardana menegaskan berdasarkan UU No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, nomenklatur Tenaga Kerja Indonesia telah berubah menjadi Pekerja Migran Indonesia, dengan paradigma pemerintah yang lebih kuat dalam memberikan pelindungan.

Giat sosialisasi selanjutnya digelar di Hotel Yuta Manado yang juga dihadiri oleh para pengurus dan anggota GM-FKPPI Sulawesi Utara Rayon Kota Manado. Kepala Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sulawesi Utara, Hendra T. Makalalag, S.IP, beserta jajaran Kembali mendampingi Deputi Bidang Penempatan Dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah, Irjen Pol. I Ketut Suardana mensosialisasikan program Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. (Humas/BP3MI SUlawesi Utara)