Monday, 27 May 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Jawa Barat Terima Peserta Magang Industri dari Guru SMK

-

00.08 28 August 2023 458

BP3MI Jawa Barat Terima Peserta Magang Industri dari Guru SMK

Bandung, BP2MI (28/8) - Dalam rangka mendukung peningkatan kompetensi guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Barat menerima peserta magang industri dalam Program Upskilling dan Reskilling berstandar industri bagi guru SMK Bidang Bisnis dan Pariwisata tahun 2023.

Pada program yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Bisnis dan Pariwisata tersebut, Kepala BP3MI Jawa Barat, Kombes Pol Mulia Nugraha mengungkapkan harapannya.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru yang melakukan Magang Industri di BP3MI Jawa Barat selain mempelajari bagaimana manajemen perkantoran di BP3MI Jawa Barat, juga dapat membantu memberikan informasi peluang kerja di luar negeri kepada murid SMK, dan juga dapat mempersiapkan murid SMK di sekolah masing masing, sehingga memiliki skill utamanya bahasa asing, dan dapat bekerja ke luar negeri secara prosedural,” ungkap Mulia.

Adapun BP3MI Jawa Barat pada kesempatan kali ini menerima lima orang guru dari berbagai daerah, yang mendapatkan kesempatan melakukan magang industri di BP3MI Jawa Barat. Adapun kelima guru tersebut adalah Dita Arlita dari SMK Negeri 15 Jakarta, Muhamad Serli dari SMK Garuda Bangsa,  Muhammad Rahmansyah dari SMK As-Syafi’iyah, Putri Fitria Sundari dari SMK PGRI Cikoneng, dan Sintha Safitri Purwadewi dari SMK Negeri 1 Garut.

Selama program berlangsung, para guru magang diberikan penjelasan tugas dan fungsi dari seksi penempatan, seksi pelindungan dan pemberdayaan, serta seksi kelembagaan yang ada di BP3MI Jawa Barat. Para guru magang juga berkesempatan mendapatkan penjelasan prosedur dan skema untuk bekerja ke luar negeri. 

Terakhir, Program Upskilling dan Reskilling bagi Guru Kejuruan Berstandar Industri ini diharapkan akan membawa manfaat jangka panjang bagi pengembangan pendidikan vokasi yang lebih berkualitas dan selaras dengan tuntutan industri.  

Selanjutnya diharapkan para guru dapat menjadi agen BP3MI Jawa Barat untuk menyebarluaskan informasi yang valid kepada masyarakat tentang Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan peluang kerja ke luar negeri. **(Humas/BP3MI Jawa Barat)