Tuesday, 16 July 2024

Berita

Berita Utama

Gelar Rapat Harmonisasi Rancangan Peraturan Pemberdayaan, BP2MI: Pekerja Migran Indonesia Purna Harus Sejahtera

-

00.05 22 May 2024 573

Gelar Rapat Harmonisasi Rancangan Peraturan Pemberdayaan, BP2MI: Pekerja Migran Indonesia Purna Harus Sejahtera

Jakarta, BP2MI (22/05) - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melakukan rapat Harmonisasi Rancangan Peraturan BP2MI mengenai  Pemberdayaan Sosial dan Ekonomi bagi Purna Pekerja Migran Indonesia dan Keluarganya, di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu (22/5/2024).

Rapat ini dihadiri oleh jajaran BP2MI dan dipimpin oleh Kepala Biro Hukum dan Humas BP2MI, Hadi Wahyuningrum. Selain itu, turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian/Lembaga terkait, antara lain Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri, Sekretariat Kabinet, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Menurut Hadi, rapat harmonisasi Rancangan Peraturan Pemberdayaan Purna Pekerja Migran Indonesia ini bertujuan untuk memperkuat pelindungan dan meningkatkan kesejahteraan para Pekerja Migran Indonesia yang telah purna.

Selain itu, tujuan substantif dari rapat ini yaitu mengembalikan keberfungsian sosial Purna Pekerja Migran Indonesia agar berdaya, sehingga mampu memenuhi kebutuhan dasar, dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan purna Pekerja Migran Indonesia beserta keluarganya, dalam mengelola dan memanfaatkan hasil remitansi atau penghasilan yang diterima selama bekerja di luar negeri.

”Kita ingin Pekerja Migran Indonesia purna bisa memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan purnanya dalam mengelola dan memanfaatkan hasil remitansi atau penghasilan yang diterima selama mereka bekerja di luar negeri," ujar Hadi.

Lebih lanjut, rapat harmonisasi ini juga bertujuan untuk memastikan para Pekerja Migran Indonesia purna dapat berintegrasi kembali dengan sukses dalam kehidupan sosial dan ekonomi di tanah air.

Hadi mengatakan, rapat Harmonisasi ini merupakan bagian dari komitmen BP2MI untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi para purna PMI beserta keluarganya. Untuk itu, BP2MI berharap rapat harmonisasi ini bisa membantu menciptakan kehidupan para purna Pekerja Migran Indonesia lebih baik dan sejahtera. 

”Kami terus berusaha untuk memastikan bahwa para purna Pekerja Migran Indonesia  dan keluarga mendapatkan dukungan yang diperlukan untuk memulai kembali kehidupan mereka di Indonesia dengan lebih baik. Karena purna Pekerja Migran Indonesia harus sejahtera," pungkas Hadi.** (Humas/EMR)