Tuesday, 16 July 2024

Berita

Berita Utama

Perluas Kesempatan Kerja ke Amerika, BP2MI Courtesy Call dengan Konjen RI Los Angeles

-

00.07 9 July 2024 271

Perluas Kesempatan Kerja ke Amerika, BP2MI Courtesy Call dengan Konjen RI Los Angeles.

Los Angeles, BP2MI (8/7) - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melakukan kunjungan kerja ke Los Angeles, Amerika Serikat, dalam rangka memperluas kesempatan kerja bagi Pekerja Migran Indonesia. Dalam kunjungannya, BP2MI melakukan Courtesy Call dengan Konsul Jenderal (Konjen) Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles (LA) pada hari pertama.

“Kami berterima kasih atas sambutan baik yang diberikan oleh Bapak Konjen dan seluruh pihak KJRI Los Angeles. Sesuai rencana, kunjungan kerja ini untuk memperluas kesempatan kerja Pekerja Migran Indonesia, khususnya dengan pihak Aloha Healthcare di bidang kesehatan. Kepala BP2MI mendukung penuh dan menitipkan pesan agar kami benar-benar melaksanakan seluruh rangkaian kunjungan kerja di LA,” ungkap Direktur Sistem dan Strategi Penempatan dan Pelindungan (SSPP) Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI, Dr. Servulus Bobo Riti selaku Ketua Delegasi, Senin (8/7/2024) waktu Los Angeles.

Dilanjutkan oleh Servulus, sesuai dengan tema BP2MI tahun 2024 yaitu Gerak Masif, Kerja Progresif, maka BP2MI akan memaksimalkan peran negara dengan instansi terkait dalam hal pelindungan Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya.

“BP2MI menyikapi tantangan penempatan Pekerja Migran Indonesia ke Amerika dengan keseriusan dan didukung oleh Bapak Konjen beserta jajaran. Ini momentum yang baik dalam rangka memperingati 75 tahun kerja sama Indonesia-Amerika Serikat. Semoga bisa tercapai kesepakatan dalam hal penempatan Pekerja Migran Indonesia ini,” jelas Sevulus.

Kunjungan BP2MI ini disambut positif oleh Konjen RI Los Angeles, Purnomo Ahmad Chandra. Disampaikannya bahwa akan selalu ada kesempatan kepada Pekerja Migran Indonesia untuk bekerja ke Amerika.

“Kami ingin semakin banyak Pekerja Migran Indonesia yang bekerja di sini. Saat inilah kesempatannya. Selama ini biasanya Amerika mempekerjakan tenaga kerja dari daerah selatan seperti Mexico, sekarang mulai terkenal bahwa Pekerja Migran Indonesia telaten. Saya optimis orang Indonesia bisa bekerja lebih baik daripada negara lain karena kita dikenal tegas, ramah, dan telaten. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa berlanjut dan bersama-sama dengan mereka, kita wujudkan Indonesia Emas 2045,” ungkap Konjen Purnomo.

Selain BP2MI, hadir pula perwakilan dari Sekretariat Kabinet (Setkab) RI yang turut dalam delegasi kunjungan kerja ini. Kepala Sub Bidang Pekerja Migran Indonesia, Kedeputian Bidang Perekonomian Setkab, Palma Mira Rosalina, mengungkapkan bahwa pada prinsipnya Setkab mendukung kegiatan kunjungan kerja BP2MI ke LA dalam rangka perluasan kesempatan kerja.

“Sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo, agar dapat benar-benar diproyeksi peluang kerja di luar negeri yang tersedia, beserta skill atau kemampuan yang dibutuhkan,” jelas Palma.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Welcoming Dinner dari pihak KJRI LA yang bertujuan untuk bertukar pikiran dan informasi terkait isu-isu pelindungan Pekerja Migran Indonesia. 

Hadir sebagai anggota delegasi BP2MI, Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Amerika dan Pasifik, Lismia Elita; Kepala Biro Hukum dan Humas, Hadi Wahyuningrum; Analis Kebijakan Ahli Muda, Sisca Widya Aswita dan Firman Genius Mokoginta. ** (Humas/MIT)