Wednesday, 28 July 2021

Berita

Berita Utama

Siapkan Tes Psikologi dan Keperawatan G to G Jepang, UPT BP2MI Pekanbaru Adakan Webinar dengan Kemenkes RI

-

00.07 20 July 2021 126

Siapkan Tes Psikologi dan Keperawatan G to G Jepang, UPT BP2MI Pekanbaru Adakan Webinar dengan Kemenkes RI

Pekanbaru, BP2MI (20/7) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Pekanbaru menghadirkan webinar dengan tema "Kiat Sukses Menghadapi Ujian Psikologi dan Keperawatan G to G Ke Jepang" pada Senin (19/7/2021) pukul 13.30 melalui Zoom bersama 31 orang kandidat nurse dan care worker G to G Jepang batch XV yang telah lulus verifikasi dokumen dan akan mengikuti tes keperawatan dan psikologi secara daring pada tanggal 22 hingga 23 Juli 2021 sesuai yang tertera pada pengumuman Nomor PENG.163/KWS.1-DIT2/VII/2021. 

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu para kandidat yang berasal dari wilayah Riau dan Jambi agar dapat mempersiapkan diri pada tes tersebut dan juga sebagai bentuk pelayanan VVIP yang diberikan oleh UPT BP2MI Pekanbaru kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI). 

Hadir sebagai narasumber, Ketua Jurusan Keperawatan Poltekkes Jakarta III, Kementerian Kesehatan RI, Ulty Desmarnita yang menyampaikan beberapa materi dalam menjawab soal tes keperawatan pada seleksi G to G Jepang meliputi persiapan sebelum ujian, metode belajar yang baik, tips menjawab soal, tipe dan komponen soal,serta trik memilih jawaban yang tepat.  

Lebih lanjut, Ulty juga mengungkapkan  apresiasinya kepada UPT BP2MI Pekanbaru atas inisiasi pengadaan webinar mengenai tes keperawatan dan psikologi yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya. Ulty juga menyarankan agar ke depannya para kandidat dapat diberikan kegiatan berupa tambahan mentoring dan bimbingan berkaitan dengan materi tes. 

Sementara itu, Kepala UPT BP2MI Pekanbaru, Mangampin Simamora, menyambut baik kegiatan webinar ini untuk memberikan pencerahan kepada peserta agar dapat melewati seluruh tahapan seleksi bekerja ke Jepang dengan sukses.  

Mangampin juga menambahkan bahwa hal yang paling penting dalam bekerja ke luar negeri adalah mempersiapkan mental.

"Semoga apa yang disampaikan oleh narasumber dapat memberikan pencerahan kepada seluruh peserta. Satu hal yang perlu saya garis bawahi untuk bekerja ke Jepang adalah persiapan mental yang baik," tambahnya. 

Sebagai penutup, pada akhir kegiatan disampaikan video mengenai tes psikologi daring yang berdurasi kurang lebih empat menit. * (Humas/UPT BP2MI Pekanbaru/Susi)