Sunday, 28 April 2024

Berita

Berita Utama

Lindungi Secara Teknis, BP3MI NTT Hadir Melalui Help Desk di Bandara El Tari Kupang.

-

00.03 15 March 2024 369

Help Desk BP3MI NTT

BP2MI, Kupang - (14/03) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Nusa Tenggara Timur (NTT) Kembali melakukan pendataan dan penanganan lanjutan PMI yang kembali dari luar negeri di Bandara Melalui Help Desk yang ditempatkan di Bandara El Tari Kupang pada (11/03/2024).

“Penempatan Help Desk di Bandara El Tari Kupang merupakan salah satu usaha BP3MI NTT dalam menjalankan tahapan Pelindungan Sebelum, Selama, dan Setelah Bekerja kepada CPMI/PMI menurut Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017,” Kata Suratmi, Kepala BP3MI NTT.

Menurut Suratmi, Help Desk di Bandara dapat secara langsung menyentuh PMI yang pulang dari luar negeri sehingga bisa di data apakah PMI tersebut pulang sesuai aturan penempatan ataukah dipulangkan karena terkendala masalah sehingga bisa langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah.

“Pada tanggal 11/03/2024 petugas layanan Help Desk memfasilitasi lanjutan pemulangan 2 (dua) orang PMI Terkendala yang dipulangkan dari Malaysia melalui P4MI Bandara Soekarno Hatta Jakarta yang tiba pukul 06.10 Wita menggunakan Pesawat Citilink. PMI dipersilahkan untuk beristirahat di Lounge yang disiapkan khusus untuk PMI dan petugas akan melakukan pengambilan data awal, selanjutnya PMI dijemput oleh petugas BP3MI NTT menggunakan mobil operasional untuk dibawa ke Shelter di Kantor BP3MI NTT,” Tuturnya.

Saat tiba di Shelter BP3MI NTT, lanjut Suratmi, kedua PMI asal kabupaten Sumba Barat Daya tersebut selanjutnya dibantu untuk pendataan lanjutan dengan kendala yang berbeda yaitu kepulangan karena terkendala dalam penggunaan permit serta pemulangan karena didepotasi (dokumen tidak lengkap) selanjutnya kedua PMI Terkendala akan difalisitasi oleh BP3MI NTT dipulangkan ke daerah asal di tanggal 12/03/2024.

“Pendataan di Help Desk tidak sekedar mendata dan selesai tetapi juga langsung dilakukan Aksi jikalau memang ada laporan dan ditemukan adanya kendala yang dialami oleh PMI, sesuai dengan Slogan Kepala BP2MI ‘Lindungi PMI dari Ujung Rambut Sampai Ujung Kaki” papar Suratmi.

Untuk diketahui, Help Desk yang ada di Bandara El Tari Kupang setiap harinya dilayani oleh 4 (empat) orang petugas BP3MI NTT dimana akan dibagi pelayanan yang dimulai dari jam 06.00 WITA sampai pada penerbangan terakhir di pukul 22.00 Wita. **(HUMAS)